#14 Etika online shopping

Source: http://www.theaustralian.com.au/national-affairs/joe-de-bruyn-says-online-gst-problem-costing-jobs-in-retail-sector/story-fn59niix-1226747153019#

Akhir-akhir ini saya hobi nyoba online shopping. Mulai dari coba-coba belanja kosmetik, sampai akhirnya beli baju. Masih taraf iseng nyoba kok, belum keranjingan *alibi*. Gara-gara hobi baru ini, saya belajar banyak istilah yg baru saya denger, seperti: hit and run, follow to unfollow, dropship, endorse, dan SFS. Serasa ikut kuliah vocabulary pokoknya. Tapi yg bikin saya bertanya-tanya tentang etika online shopping, adalah kejadian atau percakapan selama promosi dan transaksi. Misalnya nih, sering banget saya lihat ada komen spam di foto IG kita. Mending kalo emang posenya pas mejeng pake barang belanjaan atau promosiin diri sendiri pake produk apa. Lha ini kadang posenya lagi nyekar di kuburan, atau pemandangan, atau bahkan foto binatang piaraan, trus ada komen dari antah berantah yg isinya, "cek instagram kita ya, ada krim pemutih super manjur. Maaf spam." Yaaaa..emang sih niatnya promosi, tapi kayaknya liat-liat jg deh sikonnya. Masih mending kalo barang yg ditawarkan agak nyambung sama fotonya. Nyekar di kuburan sama krim pemutih kayaknya juga jauh sih... Naaah, kecuali kalo spamnya bunyinya, "Cek ig kita ya, sista. Kita sedia kembang tabur 7 rupa dari 7 penjuru dunia. Dijamin doanya cepet sampai. Maaf spam." Kalo begitu kan masih agak nyambung tuh..

Pembeli sendiri, menurut saya juga kadang ajaibnya kebangetan. Udah jelas di foto udah dipasang gede-gede harga, status barangnya yg ready atau PO, atau info lain, masiiiiiih aja ada yg nanya hal yg udah diterangin. Hadeeeeh.. Saya yg cuma baca aja jd pegel. Apalagi yg dagangan dan harus jawab ya? Mana yg ditanyain kadang-kadang emang absurd. Kayak beli tas handmade yg harus pake pesen. Udah jelas ditulis, proses pembuatan makan waktu minimal 2 minggu. Teteeep aja ada yg tanya, bisa gak selesai kurang dari seminggu, dan marah-marah begitu gak bisa. Kan udah ditulis yaaak..*mulai pengen jitak virtual* Ada juga olshop yg jelas menulis, jual makeup replika, dan pasang foto lipstik bermerek yg dibandrol dgn harga 100.000 selusin. Bisa dipastikan bakal ada yg nanya, "ini 100.000 dapat selusin?" (kan udah ditulis tuh 100.000 per lusin) "Lipstiknya ori, sis?" (Udah ditulis juga kalo replika. Plus, lipstik bermerek mana yg 100.000 dapat selusin?). Kadang juga olshopnya udah pasang pengumuman, sebulan ini slow response karena owner lagi umroh. Trus banyak yg komen, "Sis, saya kirim line/bbm/wa dibalas dong. Udah seminggu kok gak ada kabar?" Kadang tulisannya di-capslock semua. Kan udah dibilang lagi umroh ya, brooo.. Kayak kurang kerjaan aja, umroh nyambi dagangan sama bales line/bbm/wa. Hadeeeeh..

Yg sekarang bikin saya agak males follow olshop di instagram, adalah seringnya mereka melakukan SFS atau Shoutout For Shoutout. Jadi intinya, sesama olshop saling mempromosikan olshop lain. Jujur tdnya saya seneng-seneng aja karena jadi tau toko apa jualan barang apa. Tp dalam sehari bisa terjadi banjir SFS, sampe instagram saya penuh daftar olshop member SFS. Pegel juga lama-lama. Kenapa gak dijadwal yg agak rapi sehingga gak bikin penuh instagram orang? Mungkin ada yg komen, apa susahnya diunfollow? Masalahnya saya masih pengen beli disitu juga. Jadi buah simalakama. Gak di unfollow, males liatnya. Diunfollow, ntar di blacklist karena katanya kok follow to unfollow. Ini juga kadang bikin saya bingung. Gak boleh follow to unfollow, tapi instagramnya di private. Agak susah juga mau liat apa olshop ini cocok sama yg saya cari apa nggak. Ibaratnya bisa liat isi toko dari luar etalase, tapi pintunya dikunci. Pas masuk, baru sadar kalo ternyata isinya gak sesuai sama kebutuhan. Ditinggal pergi, eh diblacklist dan diposting sama yg punya toko. Susaaaaaaahhh...

Trus, apa saya kapok belanja online? Nggaklah! Segala hiruk pikuk online shopping ini membuat saya sadar bahwa selama orang itu hidup, ya harus punya etika. Mau di dunia nyata atau dunia maya, kita gak bisa lepas dari aturan main. Yaaa.. itung-itung ini pembelajaran diri juga. Gak mau diatur dan pengen seenaknya sendiri? Dagangan sendiri aja gih! Merdeka deeeh.. Hehehehehe...

Share:

7 komentar

  1. hihihih..sya jg penggila online shopping...apalg sjk pnya anak n susah2 kemana..jd beli keperluan anak spt pakaian n mainan suka via OS...tp skrg ini udah agak ngurangi belanja ,,mau perbanyak nabung ah hahaha modus...cara pembeli berkoment di OS mmg macam2..kdg sya srg geli n ketawa sndiri melihat koment2 yg kdg ngawur n spt ga baca penjelasan dr OS...btw kepribadian cln pembeli jg terlihat lho dr cara mereka koment..ada yg super pelit nawaaar kebangetan..ada curigaan aja bawaannya..ada yg santai..ada yg heboh nanya2 mulu hihihihi..tp seru ya belanja di OS krn bisa bandingin harga n lbh hemat klu dpt dr tangan pertama krn jauh lebih murah..

    BalasHapus
  2. Emang lucu-lucu kok kalo dilihat. Antara lucu sama pengen nyeburin ke kolam sih, kadang-kadang. Hahahaha.. Lumayanlah buat hiburan kalo lagi stress..

    BalasHapus
  3. saya juga sering ngiler kalo liat barang2 lucu di online shop, tapi sering kecewa kalo pas ngechat ato ngemessage pemilik toko nggak dibales2, heuheu

    bener, mak, apa pun yang kita lakukan, etika tetep nomor 1. :)

    BalasHapus
  4. Itu bisa jadi indikasi juga ya. Kalo responnya luar biasa lambat dan gak informatif, mending cari olshop lain aja, daripada sakit hati di kemudian hari. Jd pembeli jg harus cermat memilih ^^.

    BalasHapus
  5. Sebenarnya penjual ataupun pembeli keduanya harus punya etika ya mbak :) dan keduanya juga sama2 harus sabar, hehe..

    BalasHapus
  6. Betul banget mbak. Semua pihak emang harus punya etika dan saling menghormati. Kan transaksi dan relasi juga jalannya dua pihak.

    BalasHapus
  7. Hehe saya juga berawal dari suka belanja online jadi sampe punya online shop ^__^ daaan jadi bisa lebih peka sama perasaan pas jd konsumen maupun seller..
    Memang bener, intinya etika. Di pasar tradisional aj kalo kita beli gk pake etika langsung dijudesin sama yg punya lapak..kalo kita ketemu penjual yg rese juga bakal angkat kaki ke toko sebelahnya..
    So,kurleb sama lah..yg harus diwaspadain adalah transaksi keuangan yg harus serba pasti..

    BalasHapus