#18 Ketika game mulai mendikte..

Source: http://www.usatoday.com/story/tech/2012/11/28/wired-south-korea-to-stem-digital-addiction-from-age-3/1731371/
Kalo membaca judul tulisan ini, mungkin  berpikir saya akan sharing tentang kecanduan game. Untungnya bukan (^^,). Saya bukan gamer. Dari kecil, main permainan jenis apapun saya gak beruntung. Plus bapak saya anti banget liat anak main game komputer (mulai dari jenis atari, nintendo, sampe sekarang ada XBox), jadi ya saya gak pernah tertarik main juga. Ketika sudah ada smart phone dan tablet pun, benda-benda milik saya itu tetap sepi dari game. Ternyata, saya gak betah main yang sifatnya kompetitif karena gak pernah menang. Hahahaha.. Saya gampang menyerah pokoknya. Mati bentar udah males. Lalu apa saya gak pernah main game? Main jugalaaaahh.. Hahahaha.. *gak konsisten* Tapi game yang saya betah mainin itu game yang sifatnya membangun, bukan yang kompetitif. Jadilah saya main game unyu-unyu semacam Oregon Trail, Bakery Story, Happy Street dan Candy Island. Itupun juga setelah level atas saya uninstall karena bosen dan repot ngurusnya. Kan harus rajin membangun sesuatu, dan juga menyapa para tetangga virtual. Apalagi sistem mainnya kan real time. Awal-awal sih gak papa, tapi kalo tiap saat harus ngecek, lama-lama kok pegel juga ya?

Masih ingat ketika game Farmville melanda FB (yang sekarang berganti tren jadi Hayday)? Saya sering banget liat teman-teman yang heri (heboh sendiri) karena udah jatahnya panen. Yang paling epik adalah seorang teman yang sampai telpon suaminya ke kantor supaya tanamannya dipanen, karena yang bersangkutan lagi jemput anak dari sekolah dan gak bisa online. Buntutnya, sang suami yg ngomel panjang pendek karena ditelponnya di tengah rapat dan perintahnya HARUS ONLINE dan PANEN. SEKARANG!!! Hahahahahaha... Dulu waktu saya masih main Restaurant Story dan Bakery Story, saya rempong sendiri ngurus masakan yang gak abis-abis dan menjaga jangan sampai gosong. Kadang di tengah-tengah pertemuan pun nyempet-nyempetin ngecek demi bisnis virtual yang gak seberapa itu. Kocak dan bodohlah pokoknya!

Saat ini saya hanya memelihara satu game semacam itu, yang saya install lagi setelah sempet setahun lebih saya uninstall. Kangen aja. Tapi cara saya main sudah jauh lebih beradab. Kalo emang gak sempet, ya gak saya sempet-sempetin juga. Saya diemin aja anteng, dan saya tengok ketika udah leyeh-leyeh nganggur di rumah. Sayanya slow, eh, ternyata beberapa tetangga virtual saya nggak slow banget mainnya. Ketika saya dua hari gak nengokin, beberapa orang sudah meninggalkan jejak yg galak di wall saya. Ada yg sempet bilang, kalo dalam hari ini gak denger kabar dari saya, maka saya akan dihapus dari daftar tetangga. Ada juga yg negur, kalo mau off agak panjang itu ya ngabarin dulu, supaya tetangga gak kecewa. Huaaaaaa.. Pergi baru dua hari diomelinnya kayak minggat sebulan. Walaupun saya maklum, dalam hati saya geli juga. Ini cuma game lho, sodara-sodara. Kalo emang mau dihapus, ya saya juga maklum kok. Tapi sepertinya gak perlu juga sih menuntut orang lain untuk bermain seintens kita. Iya kalo orangnya sempet? Kalo nggak? Tidakkah harusnya kita maklum juga kalo para pemain itu punya kesibukan juga di dunia nyata ya? Wong saya aja santai kok menghapus para tetangga saya yg gak aktif lagi. Gampang kan? Gak usah pake marah-marah juga. Gak kenal ini. Hahahahahaha... Buat saya sih, game harusnya bikin kita santai, bukan mendikte kita sampai kita gak bisa ngerjain yg lain. Hidup saya dan teman-teman saya lebih asik kok daripada game. Hehehehehe...

Share:

1 komentar

  1. Hahaha itu kocak banget miiisss yg sampe telfon suami buat online game doang :D
    Kalo aku malah suka main game yang hidden treasure gitu, nyari2 benda di tempat tersembunyi sm cari strategi buat mecahin kasus. Sampe2 kebawa mimpi saking penasaran kalo stuck di satu level. Hahahaha :D

    BalasHapus