#17 My unforgettable journey: Samarinda yang penuh cerita

Sebetulnya ini adalah postingan lama saya di note facebook. Tapi pas lihat GAnya mbak Muna Sungkar, entah kenapa saya jadi pengen ikutan dan memposting ulang cerita ini. Mohon ijin daur ulang yaaaa..

Cerita ini berawal dari perjalanan dinas saya ke Samarinda untuk penutupan program beasiswa bagi mahasiswa asing untuk belajar bahasa dan budaya di Indonesia. Walaupun ini bukan kunjungan pertama saya, tapi baru kali ini saya merasa jadi pembawa sial. Biasanya saya merasa hoki atau jadi pembawa hoki. Tapi entah kenapa, waktu itu perjalanan saya heboh bin rempong luaaaarrr biasaaaa.. Sampai-sampai saya berpikir mungkin perlu diruwat saking banyaknya kejadian yang enggak-enggak.

Saya memang agak was-was waktu mau pergi, karena kebetulan lutut kiri saya sedang ngambek dan harus dibujuk supaya bisa naik turun tangga. Supaya ciamik, saya sudah memastikan ke dokter untuk mendapatkan suntikan lutut sebelum berangkat. Dokter pun sudah wanti-wanti supaya tau diri pake lututnya. Jangan pake acara jejingkrakan gak penting (dikira mau lomba aerobik apa ya?). Untungnya saya berhasil naik turun tangga pesawat dengan selamat walaupun pake nenek-nenek mode on. Gak taunya, makan siang dijamu di kantor walikota Balikpapan, DI LANTAI 3 YANG GAK PAKE LIFT. Maaaakk...Mau gak naik, kok ya laper.. Untungnya lagi, lutut saya berhasil dibujuk buat naik turun tangga dengan sukses walaupun dengan berbagai pose (pegangan, mundur, miring, dsb). Perut kenyang, lutut waras. Ternyata..saya terlalu cepat senang. Sepanjang acara di Samarinda penuh dengan jadwal yg bikin lutut saya deg-degan. Makan malam ternyata di lantai 2 Unmul. Besoknya masuk Museum di Kutai Kartanegara yang penuh tangga baik di luar maupun di dalam museum. Main ke kampung dayak sama dengan naik turun rumah panggung. Waktu makan siang di Kebun Raya, pengelola dapet bagian makan di lantai 2, sedangkan mahasiswa di bawah. Tangga lagi, tangga lagi. Belum lagi naik turun bis berulang kali dalam sehari. Penderitaan bertemu tangga tak kunjung berakhir, masih ditambah penderitaan bertemu kloset jongkok. Bukannya apa-apa, lutut yg rewel ini luar biasa nyeri kalau ditekuk. Alhasil setiap kali terpaksa ke kloset jongkok, isinya adalah strategi mengatur manuver supaya bisa jongkok dengan posisi kaki kiri tetap lurus. Hahahahaha.. Nggak usah dibayangin juga sih. Untung juga saya bukan golongan yg harus sering ke kamar mandi, dan untung juga kloset di hotel aman jaya buat lutut saya. Akhirnya tiap malam saya pacaran sama salonpas gel supaya kaki saya gak mogok, plus saya rayu-rayu supaya gak sering-sering rewel. No pain, no gain pokoknya.

Selain lutut, saya juga dikudeta transportasi. Mulai dari perjalanan dari bandara Sepinggan, Balikpapan menuju Samarinda. Baru juga setengah jalan, ban bisnya bocor. Alhasil kami terdampar di pinggir jalan sambil menonton pak supir yg sudah tua tapi luar biasa heroik mengganti ban segede gaban. Canggih! Malamnya, saya naik bis yg berbeda untuk makan malam. Eeeeh..bisnya mogok. Walaupun gak lama, tapi sempet bikin saya mikir kalo jangan-jangan saya nih yg bawa sial. Masa tadi bannya bocor, sekarang bisnya mogok? Lagi-lagi saya terlalu cepat menarik kesimpulan. Di perjalanan menuju kampung dayak, angkot L300 yg saya naiki tiba-tiba berisik dahsyat. Penumpang langsung hening karena panik. Jangan-jangan knalpotnya copot nih.. Ternyata ban serepnya yang jatuh dan terseret-seret jadi berisik. Akhirnya pak supir meninggalkan ban serepnya di pinggir jalan supaya tidak buang waktu. Kok ya gak takut dimaling ya? Pulang dari kampung dayak, panitia mengumumkan ada 2 bis yg akan ke tempat beli oleh-oleh, 3 bis yg lain langsung ke hotel. Sudah duduk manis di bis yg mau ke tempat oleh-oleh sambil membayangkan mau beli apa, ternyata bisnya berhenti di...HOTEL. hahahahaha.. Akhirnya penumpang 2 bis yg sudah dipenuhi aura belanja, turun di lobby hotel dengan tampang bengong. Lhaaa..katanya mau belanja, kok dituruninnya di hotel?? Endingnya? Dengan kesepakatan bersama, beberapa orang membajak angkot kecil-kecil untuk mengantar kami ke sana. Saya kebetulan dapet angkot yg keliatan baru. Kursi supirnya aja masih plastikan. Tapi tampang boleh baru, begitu diisi penuh, angkot itu langsung nggasruk dengan berisiknya dan nyangkut gak mau jalan. Huahahahaha.. Untung begitu beberapa org turun, angkotnya mau jalan lagi. Hebohlah pokoknya.

Perjalanan ini membuat saya yakin, bahwa satu hal yg harus selalu dibawa kalo bepergian, adalah a good sense of humor. Jadi kalaupun ada insiden dengan transportasi, kehabisan jatah makan, sampe dapet kaos kekecilan, ya masih bisa cengar cengir bodoh tanpa sakit hati berkepanjangan. Dibikin enteng aja.. Kalo gak begini, kan jadi gak ada ceritanya to? hehehehehe..

Catatan: Tulisan ini diikutsertakan dalam GA Unforgettable Journey Momtraveler's Tale. Buat yg pengen ikutan, ditunggu sharing ceritanya yaaa..^^

http://momtraveler.com/my-giveaway/momtraveler-giveaway

Share:

5 komentar

  1. ahahahaa... keren maak, siapkan sekantung besar humor yak!

    BalasHapus
  2. Susahnya mengikuti perjalanan rame-rame adalah kita harus menyesuaikan dengan ritme peserta lain. Di tengah segala kondisi perjalanan yang tidak pasti kita memang harus bisa menyikapinya dengan baik. Salah satunya adalah dengan rasa humor. :)

    Semoga besok kalau traveling ke Samarinda lagi dalam kondisi yang sehat2 saja ya...

    BalasHapus
  3. Pokoknya kalo hobi jalan emang hrs bawa bekal sense of humor yg luar biasa, mengingat pastiiii ada yg gak beres di perjalanan. Hahahaha.. Untung sekarang lutut udah jarang kumat. Jadi perjalanannya aman jaya. hehehehe...

    BalasHapus
  4. aahh serunya jalan rame2 ya mak, untung bawa sekantung humor hehehe :P
    makasih ya, sudah terdaftar sebagai peserta :)

    BalasHapus
  5. iya bener, klo jalan2 pake tampang gampang bete paling nyebelin hehehe...

    Terima kasih sudah ikut meramaikan GA Unforgettable Journey ini. Good luck :)

    BalasHapus