#12 Manners DO matter!

Source: http://multilayermummy.blogspot.com/2013/05/manners-how-do-you-do.html

Waktu saya kecil, saya berkali-kali dicekoki bapak ibu saya tentang sopan-santun. Termasuk di sekolah. Kan jaman dulu masih model doktrin duduk manis dengan tangan terlipat di meja (yang cuma bertahan 5 detik sebelum balik nggosip sama temen sebelah). Walaupun banyak yang mengatakan doktrin semacam itu salah dan membuat orang berperilaku seperti robot - yang mungkin memang benar adanya, saya menganggap pelajaran sopan santun tetap perlu. Karena jujur, saya sering sekali melihat orang-orang berperilaku seenak jidat seakan gak pernah diajari sopan santun di rumah. Padahal sepertinya masa kecil dipenuhi ajaran tentang bagaiman bersopan-santun. Atau jaman sekarang orang sudah gak peduli dengan semua tata kesopanan?

Beberapa contoh yang sering saya lihat adalah perilaku orang di tempat publik. Misalnya, di transportasi umum. Pasti gak sekali dua kali kita mergokin penumpang bis atau kereta api komuter duduk dengan cuek sementara di depan mukanya ada ibu2 hamil, atau orang2 tua yang sudah susah berdiri. Padahal siiih, di beberapa kursi jelas ada tulisannya diprioritaskan untuk manula, difabel atau ibu hamil. Atau misalnya beli tiket gak bernomor (yang berarti harus berdiri), tapi dengan muka inosen duduk manis di kursi orang lain, dan ketika diminta pindah oleh yg punya kursi, reaksinya lebih galak dari yg kursinya direbut. Luar biasa kan?

Saya juga pernah suatu saat naik angkot ke arah Cisarua yang kondisinya luar biasa penuh sampe bisa tertransfer keringat dari penumpang sebelah. Eeehh.. di tengah jalan, si bapak di sebelah saya dengan santai melepas sepatunya dan garuk2 kaos kakinya yg aromanya luar biasa semerbak *langsung berurai air mata*. Kan garuk2nya bisa nunggu pas udah di rumah ya Paaaak.. Hiks.. Tapi pengalaman saya naik angkot yg dramatis adalah saat saya menjalani perjalanan 7 jam jalan darat ke Melak, Kutai Barat. Saya kebagian kursi paling belakang dengan jendela yg hanya bisa didorong sedikit keluar, sehingga pasokan anginnya minim. Kondisi mobil penuh sesak, dan jendela mobil yg di depan maupun di tengah tertutup rapat, sementara pak supirnya merokok dengan leluasa di dalam mobil. Alamaaaaaakkkk.... Tega niaaan..

Urusan dengan mahasiswa gak kalah serunya. Apa mungkin saya aja yang kurang gaul atau kurang fleksibel ya, tapi sejujurnya saya suka gondok kalo ada mahasiswa yang sms/bbm/wa/line di jam kuntilanak dan berharap dijawab. Walaupun saya masih beredar di jam segitu (ketauan karena update twitter, dll), kan gak berarti saya harus ngurusin urusan kuliah di jam malam kan? Lebih males lagi kalo lagi liburan dan ada mahasiswa yg maksa ketemuan buat bimbingan skripsi karena udah dikejar deadline. Halooo.. kemaren2 sebelum dikejar deadline pada kemana ajaaaaaaa??

Ada juga mahasiswa sok hip-hop yang sibuk pake topi dan ngunyah permen karet di kelas atau pas bimbingan. Rambutnya pitak sebelah ya, sampe harus pake topi di dalam ruangan? Lagian jadi sport jantung liat mahasiswa jawab pertanyaan sambil sibuk ngunyah permen karet. Iya kalo permennya gak memutuskan buat loncat keluar dan nangkring di meja atau jidat yang di depannya. Kalo iya?
Pernah juga saya lihat mahasiswa bicara dengan dosen yang posisi dan umurnya jauuuuh lebih senior, tapi posisi mahasiswanya duduk manis bersilang kaki sementara dosennya berdiri dan melayani. Padahal mahasiswanya yg mau ketemuan lho. Bukan berarti dosennya sok penting, tapi kan siapa yang perlu, dan siapa juga yg lebih tua. Mending barengan berdiri aja deh ngobrolnya.

Penggunaan gadget juga menurut saya melunturkan sopan santun. Beberapa kali saya diajak ketemuan dengan teman2 yg berakhir mereka semua sibuk ngobrol sendiri2 dgn gadgetnya. Tau gitu tadi bbman aja brooo.. Ngapain jauh2 ketemuan kalo cuma dianggurin? Kalo sama temen sih masih kadang bisa ditahan ya.. Paling nyebelin adalah ketika urusannya kerjaan atau dengan mahasiswa, yang ngakunya pengen ketemu karena urusan penting, eh bentar2 sibuk smsan *timpuk pake komputer*.

Pengalaman lain yg nyebelin adalah ditinggal nggosip sama petugas (apapun), padahal yang disini udah antri lama untuk menunggu pelayanan. Pada gak sadar apa ya kalo ditungguin lama sama kami2 di depannyaaaa... *mulai nggigitin sofa*

Tapi yg paling ngeselin adalah disela di antrian dan nyelanya gak pake merasa bersalah. Udah tau yg disini udah berdiri lama dan tertib dari tadi, ada aja dong yg ndresel pengen ke depan sendiri. Lebih bikin emosi kalo ndreselnya sekeluarga (bawa beberapa anak kecil). Hadeeeeeehh.. Pengen ditoyor kok ya udah tua. Kalo muda mah langsung geret aja omelin di depan mukanya dan buang ke belakang setelah diinjak-injak (kalo ini sih lebay).

Yg sering juga hilang adalah sopan santun ketika berkendara. Jaman saya kecil, saya sering lihat pengendara mobil atau motor saking memberi jalan, dan saling melambai sebagai ucapan terima kasih. Sekarang, papasan di jalan sempit pun sering pada malas mengalah. Kalaupun ada yg mengalah, yg diberi jalan seringkali lewat aja tanpa berterima kasih. Seakan sekedar melambai atau mengklakson itu bikin stroke. Kalau ada yg berusaha menyeberang di zebra cross sekalipun, susaaaaah betul rasanya para kendaraan itu untuk berhenti sebentar memberi jalan. Kayaknya gak rela kehilangan waktu barang sedetik. Padahal berhenti sebentar untuk memberi jalan pejalan kaki gak bikin mati lho. Beneran deh.

Saya mungkin kuno. Tapi kalo memegang sopan santun dan melihat unggah-ungguh sebagai sesuatu yg penting itu dianggap kuno, saya lebih rela jadi kuno daripada jadi orang yg gak tata krama. I think, our manners define who we are. Honestly. What do you think?

Share:

0 komentar