#16 Kisah di balik status

source: http://webicise.com/tips-on-how-to-increase-your-facebook-likes/

 Saya bukan termasuk orang yg hobi bikin status di fesbuk. Apalagi sejak saya berpindah hati ke media sosial yg lain, tambah jarang deh posting di FB. Tapi kalo lagi selo maksimal, saya sering iseng juga mantengin newsfeed. Lumayan, jadi bisa update siapa yg pacaran ama siapa, siapa yg baru putus, siapa baru nikah, siapa yg baru punya kerjaan baru, siapa yg lagi ngamuk, dll. Luar biasa kan info yg didapat dari status media sosial orang? Kalo jaman dulu update gosip di lingkungan rumah bisa diakses dengan belanja ke warung sebelah (biasanya ibu pemilik warung paling update dengan kabar yg lagi hits di lingkungan), sekarang update gosip para kenalan bisa diakses lewat media sosial. Hebat kan? Mungkin karena itu saya jadi agak was-was kalo mau update status. Habis kalo mau bikin status yg geje dan menye-menye sebangsa, "Aku rinduuuuuu.." kok ya gak seru kalo yg baca mahasiswa. Hahahahaha.. Pencitraan berimbas ama status.

Kali ini saya ngubek-ngubek lagi status lama (harap maklum, jarang posting akhir-akhir ini) demi iseng ikutan GA seharinya Pakdhe Abdul Cholik. Yang mau ikutan, masih sempet lho.. Bisa diklik disini infonya. Karena diminta memilih dua status yg pernah saya posting di fesbuk dan berbagi cerita di balik status, saya pilih dua status berikut.

Ini status yg saya tulis di 8 Agustus 2013 :
Ternyata saya emang produk masa lalu. Kemarin gak abis pikir wkt liat seorang anak perempuan usia kira2 10 thn di restoran, duduk dgn posisi dua kaki naik di kursi dan tangan sibuk mainan game di tablet, cuma sesekali berhenti main untuk.. ngaca dan pake lipgloss! Sementara ibunya duduk diam dan makan, sambil menyuapi si anak (yg tentu matanya gak beranjak dari tablet dan posisi duduk msh gak berubah). Kalo itu anak saya, mukanya udah saya gambari pake lipgloss dan tabletnya saya pake buat tatakan gelas.. 

Status itu saya tulis waktu keluar makan siang dengan teman di restoran favorit dan melihat pemandangan yg buat saya ajaib. Kebetulan bapak saya sangat anti dengan game elektronik, sehingga memang kami anak-anaknya diekspos besar-besaran dengan kegiatan bermain di luar rumah. Orang tua saya juga model jaman dulu yg menganggap saat makan sebagai saat bersama. Jadi sesibuk apa, bapak ibu menjadwalkan acara makan siang atau makan malam bersama, yang diisi dengan tukar cerita tentang apa saja yg terjadi hari itu. Tidak ada yg namanya pegang hp atau game disaat bersama. Hal itu termasuk dipatuhi dan dinikmati oleh kakak saya yg pencandu playstation. Bahkan termasuk kegiatan yg kami rindukan ketika orang tua saya sudah meninggal. Suami saya masih menjadi tipe yg makan harus di meja makan. Gak boleh di depan tv. Lumayan jadi bisa ngobrol berdua (kalo pas filmnya gak seru. hahahaha..). Nah, pas lihat pemandangan yg saya tulis di status, kan ya saya shock. Imbasnya jadi mulai bisik-bisik dengan teman saya, curiga apa jangan-jangan itu bukan ibunya. Kok ya diem aja kelakuan anaknya begitu? Tapi sekali lagi, mungkin memang saya produk masa lalu. Perlu belajar untuk bisa adaptasi dengan gaya parenting masa kini.

Ternyata saya gak sendirian. Teman kuliah saya Nonie (a.k.a Nonie Nonce) menulis komen yang senada dengan pendapat saya, "aku juga bangga menjadi jadul dan ngerti unggah ungguh.. anak jaman skg banyak yg kehilangan tata krama dan rasa hormat kpd org lain.. boro2 org lain, karo wong tuwane dhewe wae ra ngajeni.. generasi masa depan yg memprihatinkan.."

Walaupun sepertinya cuma saya yg pengen menggambari muka anaknya dengan lipgloss (bakat sadis berlebih dari sononya), tapi saya gak terlalu merasa jadi manusia aneh. Paling nggak masih ada yg sependapat. Hehehehe... nyari temen. Saya masih menganggap waktu berkualitas itu ya didapat dengan interaksi antar manusia. Bukan lewat gadget. Tapi ini saya sih..

Status kedua saya tulis pada tanggal 17 Maret 2014:
Saya rindu masa-masa sekolah, bukan karena rindu sekolahnya, tapi ternyata ketika sekolah, saya merasa punya banyak waktu untuk nongkrong dengan teman-teman, piknik bareng-bareng, atau sekedar kumpul di salah satu rumah sambil potluck party. Sepertinya sekarang hal-hal itu jadi mahal karena gak sempat terlaksana. Boro-boro nongkrong ama teman, pulang ke rumah tepat waktu aja kayaknya jarang. Apa kerjaan bikin saya gak punya teman ya? I need a life!

Nah, kalo ini status terbaru saya, yg saya tulis waktu saya lagi mikir karena disuruh sekolah lagi sama bos. Waktu mendengar kata sekolah, yang terbayang bukan kegiatan sekolahnya, tapi kegiatan kumpul-kumpul sama temannya. Jujur saya sering merasa gak punya teman saat ini. Sepertinya hidup saya dipenuhi dengan kerjaan, teman kerja, mahasiswa, dan mahasiswa lagi. Kok ya gak kreatif. Kemana semua teman yang benar-benar teman? Bukan berarti teman kantor saya bukan teman sih, tapi apa ya gak ada teman yg benar-benar gak nyambung sama kerjaan ya? Saya rindu bisa kumpul-kumpul dan ngobrol-ngobrol bodoh dengan teman-teman (yg topiknya bisa mulai dari warung yg ingin kita coba, bintang film yg super ganteng di serial yg kami tonton, rencana liburan yg selalu berakhir tinggal rencana, dsb.) yg gak berakhir dengan obrolan tentang kantor dan kantor lagi. Sepertinya kesempatan seperti itu jadi langka ketika kerja. Padahal siiih, saya gak suka sekolah. Lebih suka kerja. Tapi kumpul sama teman-temannya cuma bisa pas sekolah. Jadi gimana dong? Galau gak penting deh.. Hehehehe...

Status ini dikomentari oleh kakak kelas saya jaman kuliah, Hugo (a.k.a Hugo Indratno). Dia menulis, "Itu namanya kacang ngga lupa kulitnya Ta bersyukurlah masih bisa rindu masa-masa itu...and laugh at those days...banyak yang tidak mau melihat (merefleksikan) hari-hari itu..hehehehe.."

Yah, memang harus disyukuri aja deh. Masih mending masih punya teman yg bisa jadi teman nongkrong. Walaupun endingnya masih bau-bau kerjaan, kan ya masih tetep bisa nyuri-nyuri "me time" disitu. Jadi, ini kisah statusku. Mana kisahmu? ^^ 

Catatan: Artikel ini diikutkan dalam Giveaway Blogger Dengan Dua Status di BlogCamp.

Share:

7 komentar

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera didaftar
    Keep blogging
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. Terima kasih Pakdhe.. Mampir-mampir sini kalo sempet yaaaa..^^

    BalasHapus
  3. Baru aja mau ikutan giveawaynya, ternyata sudah ditutup :( Terlambat lihatnya huhu Tapi tertarik ih mo bikin post kaya gini tanpa embel2 giveaway jg gapapa :D

    BalasHapus
  4. Ya nulis aja Ester. Aku nulis ini juga bukan karena embel2 giveawaynya kok. Karena ada kesempatan bikin tulisan yg terarah aja. Hahahahaha..

    BalasHapus
  5. anak2 saya termasuk yang akrab sama gadget. Tapi, ketika waktunya makan, saya dan suami dengan tegas minta mereka untuk simpan segala gadget. Trus pake lip gloss? Hadeuuhh masih2 anak2 banget padahal, ya

    BalasHapus
  6. Idem.. aku juga kangen dengan masa2 punya teman buat ngobrol sesuatu yang gak penting. Itu indah banget rasanya.

    BalasHapus
  7. Mak Myra, itu beneran ngaca dan pake lipgloss lhooo.. Beneran bikin bengong. Kita yg ketinggalan jaman, apa mereka yg kecepetan gede ya?
    Mak Ade, betul banget. Kadang perlu juga ngobrol santai tanpa beban ya..

    BalasHapus