#13 Bahagia itu sederhana

Konon kabarnya, cita-cita semua orang itu cuma satu: pengen hidup bahagia. Sayangnya, banyak yang melihat kebahagiaan itu bak lomba halang rintang yang rintangannya gak abis-abis. Waktu mahasiswa, katanya bahagia itu kalo udah tingkat akhir. Eh, ternyata nulis skripsi gak segampang kata dosen yg selalu ngomong, "jaman saya dulu, nulis skripsi sebulan selesai kok." Prakteknya sih emang nulisnya sebulan selesai, tapi nyari wangsitnya plus galaunya lebih dari dua semester *bukan curcol lho ini. Suer deh!* Begitu gelar sarjana udah di tangan, baru bahagia bentar, eh kepentok susahnya nyari kerjaan. Udah dapat kerjaan, eh kok ya gaji minimalis kayak interior jaman sekarang. Buat beli nasi tempe aja kok rasanya mbrebes mili. Kayaknya kok susaaaah gitu mau bahagia.

Pertanyaannya: emang susah ya buat bahagia? Jawaban saya: tergantung. Maafkan kalo ini jawaban paling klise sedunia. Tapi emang setau saya, gak ada ukuran standar yang baku untuk kebahagiaan. Ada orang yg bahagia kalo bisa sekolah, ada orang yang bahagia kalo bisa dapat harta berlimpah, ada orang yg bahagia kalo dapat pasangan dan anak-anak yg cuakep kayak bintang film, ada juga yg bahagia kalo bisa liat senyum di matamu. Ciyeeeeee.. *koprol trus pingsan saking gejenya*.

Sejujurnya, bahagia atau nggak itu kita buat sendiri. Memang ada banyak faktor yg bikin kita gak bahagia. Namanya juga hidup. Gak mungkinlah seneng terus. Gak liat apa kalo sinetron dan drama-drama Asia itu isinya nangis doang? *Abaikan*
Nah, pilihannya itu adalah, apa kita mau dikuasai ketidakbahagiaan kita, atau mau mencari kebahagiaan di antara semua ketidakbahagiaan yg melanda? Menurut saya sih, boleh aja kita fokus pada sesuatu yg besar, tapi jangan lupa untuk bersyukur atas sesuatu yg kecil. Misalnya, ketika putus asa karena ide buat nulis skripsi macet, sementara dosen pembimbing nongol-nongol terus kayak hantu dan sindiran orang rumah mulai lebih pedes dari makanan level 20, berbahagialah bahwa masih dikasih ortu dan dosen yg mau sibuk ngingetin. Paling nggak jadi bikin inget dan semoga memacu bikin semangat nyelesain skripsi. Bayangin aja temen lain yg dosen pembimbingnya pindah ke luar negeri sementara skripsi udah separuh jalan. Ya kan?

Beberapa tahun yg lalu seorang ibu pernah mengomentari kondisi saya yg belum punya momongan setelah sekian tahun menikah dengan perkataan, "Kok belum punya anak, mbak? Kan kalo gak punya anak gak bahagia.." Alih-alih tersinggung, saya malah takjub. Jawaban saya spontan aja, "Walah, kayaknya kok kasihan kalo punya anak supaya bahagia. Saya masih bisa ngobrol nyantai sama ibu begini dan gak dikejar utang aja, udah bahagia kok." Saya pikir, kalo waktu itu saya trus jadi mikir serius betapa gak bahagianya saya karena gak punya anak, saya pasti gak bahagia beneran lho. Makanya saya jadi yakin, bahwa bahagia atau nggak itu kita buat sendiri. Toh kita emang gak mungkin menghindar dari kejadian gak menyenangkan. Ya mari membuat diri kita bahagia karena apa yg kita punya dan bisa. Gak usah ruwet-ruwet. Ketika pikiran saya lagi bunek, saya biasanya nyuri waktu untuk minum es coklat di kafe langganan. Gak pegang hp, email, atau apapun yg mengingatkan saya terhadap keruwetan saya. Duduk aja sendirian, baca majalah, nikmati minumannya, dan ngobrol sama yg punya kafe. Sumpah deh, rasanya udah jd lebih bahagia ketika pulang. Dan ternyata, banyak hal yg bisa bikin saya bahagia: Ketika bisa pulang kantor cukup awal, sehingga bisa nonton film serial kesukaan saya sambil meluk guling di depan tv, ketika bisa bangun siang di hari minggu sambil ditemenin buku kesukaan, ketika bisa ngobrol bareng temen sambil tukeran cat kuku, ketika pulang ke rumah dan semua cucian kotor udah dicuci suami, ketika santai masak di rumah pas weekend, ketika bisa nyolong waktu di sore hari yg santai untuk nulis blog, ketika bisa skype dengan sahabat saya di negeri seberang, ketika punya waktu untuk santai main game, dan masih banyak lagi. Jadi, apa bahagia itu susah diraih? Kalo kita mencari bahagia yg gak bisa diraih, ya pasti gak bahagia endingnya. Fokus ke apa yg kita punya, dan pilih untuk bahagia. Bahagia itu sederhana kok.

Source: http://hollymueller.blogspot.com/2013/09/happiness-journey-1.html

Share:

2 komentar

  1. Couldn't agree more :) Salam kenal Mbak

    BalasHapus
  2. Terima kasih udah mampir mbak. Saya juga blogwalking ke situ lhoo.. Kreatif isinya ya. Harus banyak belajar nih saya. Hehehehe..

    BalasHapus