#19 Kisah di balik label "International Office"

Sering banget saya dengar komentar yg macam-macam kalo dengar saya kerja di International Office. Komen sebangsa: "Enak banget ya kerja di IO, bisa ketemu bule terus."; "Ih, enak banget bisa jalan-jalan mulu, dibayarin kantor pula."; "Wah, kerja di IO, pasti bahasa Inggrismu udah jago banget." dan masih banyak lagi, udah sering keluar masuk kuping saya. Reaksi saya, cengar-cengir aja. Soalnya emang susah mau mendebat komentar begini, pasti gak bakal dipercaya kalo sebetulnya kerja di IO gak sekedar ngurusin yg indah-indah seperti bayangan orang. Samalah kayak pekerjaan lain, kita lihatnya keren, gak nyadar kalo yg keren itu diimbangi air mata darah di belakangnya. Rumput tetangga kan selalu lebih hijau. Hehehehe..

Jujur, kerja di IO itu sebetulnya banyak lucunya. Yaaa..kadang makan atinya juga banyak, tapi setelah ditunggu beberapa tahun, jadi kerasa lucunya. Hahahaha.. IO itu kan urusannya bukan cuma soal mahasiswa asing yg ada disini, tp juga mahasiswa atau dosen kita yg mau ke LN. Jadi yg diurusin bukan cuma bule. All-in pokoknya. Dan yg namanya orang asing, gak selalu berkulit putih, berambut pirang, bermata biru. Bisa jadi yg nongol itu orang Asia yg sebelas dua belas ama kita, atau orang Afrika. Benernya susah itu kalo kedatangan orang Filipina, dan Thailand, yang mukanya udah kayak tetangga sebelah. Soalnya kadang sering bikin orang nggak ngeh dan gak terima kalo mereka diajak ngomong pake bahasa Indonesia gak ngerti. Pas dibilangin kalo mereka orang asing, reaksinya sering kali gak percaya. "Wong mukanya aja Jawa gitu lho, kok sok-sokan gak bisa bahasa Indonesia." Ealaaaah... muka Jawa KW ini padahal. Huahahahaha.. Pusing kan jelasinnya?

Masalah pertama yg muncul biasanya adalah masalah kamar mandi. Orang asing sering panik pas ketemu WC jongkok dan bak mandi, dan orang Indonesia sering panik ketemu WC dengan tissue tanpa ember air. Hahahaha... Apapun budayanya, tetep panik liat kamar mandi asing. Saya pernah punya mahasiswa dari Fiji yg saking gak bisanya mandi pake bak mandi, dia khusus beli ember yg dia gantung di langit2 kamar mandi dan dia bolongi bagian bawahnya supaya bisa alih fungsi jadi shower. Niat banget kan? Udah dibilangin kalo tenaga yg dia habiskan buat ngisi embernya itu mending dipake buat mengguyur dirinya langsung pake gayung, tetep gak berhasil menyurutkan niatnya. Ada juga yg frustasi ketika mandi dengan gayung, karena entah bagaimana, yg berhasil basah adalah temboknya, bukan dirinya. Aneh kaaaaan? Hahahaha... Mahasiswa Indonesia biasanya saya beri tips untuk selalu berbekal botol plastik kosong kalo mau ke WC, jaga-jaga kalo gak bisa langsung pake tissue. Tapi yg namanya belum biasa, sering juga udah semangat bawa botol ke WC, baru inget kalo botolnya belum diisi air ketika sudah di dalam WC, dan udah kepalang basah untuk keluar lagi. Akhirnya pake tissue juga deh, walaupun mungkin butuh hampir satu rol sebelum dia yakin cukup bersih.. Hahahaha.. Masalah tissue ini juga jadi kegalauan bagi mahasiswa asing karena selalu diwanti-wanti tidak boleh membuang tissue ke dalam WC, sedangkan mereka tidak terbiasa membasuh dengan air. Saya masih ingat ekspresi jijik dan tidak percaya mahasiswa dari Jepang dan Korea ketika diterangkan bahwa disini orang menggunakan tangan dan air untuk membersihkan diri setelah buang air. Sampai-sampai ada yg dengan serius minta diperagakan caranya bagaimana. Dan baru-baru ini juga ada mahasiswa Polandia yg ketahuan mengambil tissue dari kamar-kamar mandi di lantai 1 sampai dengan lantai 3 gedung pusat. Entah karena hemat kebangetan, atau emang mungkin diet tissue. Pusing pokoknya.

Miskomunikasi juga sering muncul dalam hal makanan. Ada seorang mahasiswa dari Vietnam yg diajak teman Indonesianya untuk makan nasi kucing sepulang kuliah, yg dia jawab dengan sopan dengan kalimat, "Maaf, saya tidak makan kucing.." Nah kan.. Memang susah juga menerangkan bahwa nasi kucing itu tidak mengandung kucing, tapi disebut demikian karena porsinya yang keciiiil. Hahahaha... Seorang teman Australia dengan tegas mengatakan tidak makan jerohan karena menjijikkan, tapi saya ketemu dia makan dengan lahap hidangan Lebaran dengan sambal goreng hati. Ketika saya tanya, dia menjawab dengan pede, "Saya sudah tanya. Ibu bilang ini beef. Enak sekali rasanya." Huh, sok-sokan gak doyan jerohan sih.. Baru tau kan kalo ati sapi itu enak? Saya tahu pasti itu disebut beef juga karena si ibu pasti susah juga menerangkan ati itu apa. Dijawab aja beef. Semua puas. Hehehehehe... Orang asing juga sering shock ketika tahu orang Indonesia pemakan segala. Mulai dari hewan besar sampai serangga. Makanya saya dan teman-teman sering bercanda bilang, kalo orang Indonesia kelamaan di Australia, misalnya, lama-lama bisa ada lapak sop kaki kangguru, atau lapak tengkleng kangguru. Salah satu mahasiswa asing sangat penasaran ketika ada teman saya yg mengaku doyan makan anjing, sampai dia sering mengamati dengan serius perilaku teman saya ketika bertemu anjing di jalan dan bertanya, apa teman saya itu lapar ketika melihat anjing lewat. Ya nggak segitunya juga kali yaaaaa...

Masih banyak pengalaman ajaib dan kocak-kocak yg saya alami bersama para pendamping lain. Mulai dari ditelpon malam hari dengan panik karena mati lampu (ternyata mereka belum pernah ngalamin mati lampu seumur hidup. Dikira bakal kiamat karena seluruh area gelap gulita), dapet telpon subuh-subuh karena yang bersangkutan stress dengar suara nyamuk berdengung bersliweran (belum tau ada teknologi bernama obat nyamuk rupanya), menghadapi mahasiswa yang kesetrum raket nyamuk (dalam rangka percobaan apa betul raket itu berfungsi), sampai menghadapi mahasiswa yg kalap jajan pasta setiap hari karena harganya "luar biasa murah" dibanding dengan makanan serupa di negara asal. Giliran mahasiswa Indonesia yg gigit jari di Korea karena pop mie aja paling murah 10 ribu. Gak relaaaaaaa...


Derita terbesar sebetulnya muncul ketika bertemu orang-orang yg kurang fleksibel, dan hobi membandingkan kondisi disini dengan kondisi di negara asalnya. Misalnya dalam urusan keimigrasian. Sangat sulit menjelaskan kalo memang pengurusan visa disini makan waktu cukup panjang, sementara di negara mereka mungkin prosesnya bisa sangat singkat. Ada juga mahasiswa dari Ukraina yg sangat tidak paham kenapa sulit mencari kos dengan fasilitas lengkap di sekitaran kampus. Saya terangkan bahwa tidak mudah mencari kos pria yg sangat lengkap, dibanding dengan kos wanita. Dengan jengkel dan keras dia mengatakan bahwa itu harusnya bukan masalah karena dia tidak keberatan kalo teman kosnya wanita. Lhaaaa... kan masalahnya disini kos seringkali dibagi berdasarkan gender ya maaaaassss... Gemes karena capek bersilat lidah, saya minta saja dia berkeliling untuk melihat sendiri, baru dia ngeh kalo kos disini sebagian besar homogen. Hadeeeeehh..

Tapi pengalaman saya yg paling spektakuler adalah ketika menghadapi satu mahasiswa Belanda yg ditahan polisi karena kecelakaan lalu-lintas yang mengakibatkan kematian. Seumur-umur baru itu saya mondar-mandir ke pengadilan dan lapas. Belum lagi harus mendampingi sebagai penerjemah di kantor polisi dan pengadilan. Masih lagi ditelpon di hari libur oleh polisi yg mengecek keberadaan sang mahasiswa (sebelum ditahan) karena saya adalah penjaminnya. Lha mana saya tahu ya paaak.. Kan rumahnya gak bareng. Hiks.. Tapi yang jelas, setelah peristiwa ini, saya jadi hits di kantor polisi, saking seringnya kesana. Sayangnya gak berimbas diskon biaya bikin SIM gitu. Rugi. Hahahaha..

Apapun ceritanya, buat saya pekerjaan ini menyenangkan sekaligus menantang. Walaupun kadang bikin gemes sampai miris, lucunya juga banyak kok. Bisalah buat bahan nulis blog. Hahahahaha... Jadi kalo ada yg iri dengan pekerjaan saya, saya aminin aja deh. Sambil ngebatin, coba deh rasain sendiri. Masih iri gak yaaa?? hahahahaha...

Share:

16 komentar

  1. Eh, pertamax, gan Tata. Huahaha. Tapi emang, dirimu kan keliatan keren. Jadi wajar lah orang ngomen gitu, heuheuheu. Serius ada yg sampe seniat itu bolongin gayung biar jadi kayak shower? WOW. Hahaha. Bikin tulisan kayak gini tapi yg suka duka jadi dosen donnggg :D

    BalasHapus
  2. Gimana mak Vin? Mau nyoba gantiin? Hahahaha.. Boleh niiiihh..

    BalasHapus
  3. Suka duka jadi dosen nih Grace? Boleeehh.. *mikir cara buka aib yg lebih dignified*

    BalasHapus
  4. Mungkin bisa ditambahin mhsw korea yg beli jaket 1juta itu murah sama ke amplaz bagaikan ke gardena

    BalasHapus
  5. Plus mecahin rekor ke Borobudur berkali-kali dalam sebulan ya Kaaaa.. Hahahaha..

    BalasHapus
  6. masa guyur badan yg kena temboknya? pinteran anak saya dong ya hehehe..... dan mungkin sedari dini anak2 emang hrs diperkenalkan dengan berbagai jenis budaya ya mak. termasuk toiletnya jg. supaya kelak mereka dewasa gak kaget2 lagi

    BalasHapus
  7. hihi, lucu2 bin seru mak pengalaman2nya.. memang yang suka bikin shock itu urusan mandi dan ke kamar kecil yaaak. bawa botol isi air itu solusi jitu bangettt buat yang 'gak bisa nerima kenyataan' wc kering dan cuma ada tissue kayak saya.. hihi :D

    BalasHapus
  8. aku banget itu mak panik kalo ketemu WC tanpa ember dan gayung hahaha

    BalasHapus
  9. hahaha.....lucu banget critanya mak.....sakit perut saya....

    BalasHapus
  10. Mak Rita Dewi: emang saya juga jujur bingung, gimana caranya badan kok bisa gak kena guyuran air. Kayaknya sih saking semangatnya, jadi lolos terus. Hehehehe.. Tapi saya setuju banget kalo perlu memperkenalkan anak dengan banyak kebiasaan, biar gak kebangetan culture shock nya.

    Mak Ofi: Saya dapet tips itu dari bapak saya almarhum, dan menurut saya jitu banget. Waktu tinggal di luar, kamar mandi saya selalu saya sediakan gembor (yg buat nyiram tanaman) untuk urusan bersih2, karena kalo pake ember repot banget bersihin lantainya karena gak ada saluran pembuangan air.

    Mak Hagemaru: Banyak temennya kalo itu.. Tenang ajaaaa.. Hahahaha..

    Mak Enci Sasikirani: Terima kasih udah mampir dan terima kasih juga kalo kejadian bodoh saya menghibur. Waktu kejadian sih gak lucu rasanya. Sekarang ternyata lucu juga kalo dipikir-pikir. Hehehehe..

    BalasHapus
  11. hahahaaaa,,gak nyangka bisa lucu gitu :D

    keren...

    BalasHapus
  12. Saya stuju klo brurusan sm org asing itu gk mudah. Apalgi sm org korea yg gk bisa bhs inggrs atau br bljar bhsa inggris dan indonesia. Prnh sya gbung d event intrnasional yg mnghruskan sya brinteraksi sm org2 ajaib itu. Ud ngomong pelan2 dan pnjng lbar mereka cuma respon dgan geleng2 smbil blang "tidak mengerti" alhasil saya pake bahasa isyarat cuma buat bilang dia harus masuk lapangan pas kontingen dari indonesia selesai tampil. Blom lagi yg mereka (cwo2 korea) seenak nya buka pakaian dan menyisakan daleman aja di depan ku yg sbnar nya gak prlu2 banget.

    BalasHapus
  13. Mbak Zefy Arlinda: Terima kasih udah mampir yaaaa..

    Lili: Kadang2 emang bukan maksud mereka utk gimana2, tp emang kebiasaan dan budayanya aja yg beda. Makanya butuh pengertian dari dua pihak sih. Kalo dibalik, mereka jg sering nganggap kita aneh dan kaku krn banyak larangan ini itu yg gak mereka pahami. Yaaaa.. gitu itu seninya. Makanya selalu ada pelajaran cross cultural understanding. hehehehe...

    BalasHapus
  14. Hahaha. betul, Miss. Tapi itu semua jadi pengalaman yg menyenangkan. dan selalu ada yg didapat dari smua itu. "friendship" :)

    BalasHapus
  15. "We want moooore..we want moooore.."
    Asyik banget dah baca cerita2nya..
    Walo udah ketawa2 sendiri, kok ya tau2 ceritanya abis ya.. Kurang nii..
    Hehehe...

    BalasHapus