The story of small things

Saya itu tipe orang yg hobi ngomong dan cerita. Entah kenapa rasanya cerita saya gak habis-habis, sampai kadang orang heran kenapa ada aja topik yang bisa diceritakan atau dibahas. Saya juga tipe yang suka nebak dan nanya kondisi orang lain, yang kadang banyak tepatnya. Padahal saya sering isengnya daripada akuratnya. Entah kenapa kadang sering pas nebaknya.


Ketika saya pikir-pikir, mungkin karena saya sering memperhatikan hal-hal kecil yang mungkin luput dari perhatian orang. Kurang kerjaan mungkin sih, tapi gak tau kenapa, saya lebih suka memperhatikan hal-hal kecil di sekitar saya daripada menghabiskan waktu dengan pegang hp misalnya. Salah satu contoh, ternyata saya bisa mengenali pemilik puntung rokok yang saya lihat di smoking area kantor saya, karena saya mengamati cara beberapa teman mematikan rokoknya. Jadi saya bisa tahu kalo yg sisanya masih panjang, berarti punya A, kalo yg bentuknya sampe keriting berarti si B, kalo filternya bekas gigitan berarti si C. Ya gak banyak sih yg saya hapal. Cuma teman-teman yg sering nongkrong ngerokok bareng aja. Ya kali hapal puntung orang sekantor... *mulai dikira pemulung*

Pernah suatu saat saya bengong lama di apotek nunggu obat, yang akhirnya bikin saya ngamatin jenis-jenis kondom yg ternyata macam-macam. Ada yg berasa-rasa, ada yg ribbed, dotted, extra safe, fetherlite, dll. Wih, baru tau kalo kondom ada yang bergaris-garis segala kayak polisi tidur. Lucu yaaaaa... *mulai bodoh*
Saya juga sering celingukan kalo pas lampu merah. Banyak lho hal-hal gak biasa yang lewat di jalan raya. Kayak misalnya seorang cowok muda yang dandanannya hits abis, tapi mobilnya full Hello Kitty, mulai dari sticker mobil segede gaban, cat pink, sampai semua asesoris di dalamnya. Skenario saya sih, itu mobil pinjem dari pacarnya, atau mobil adek/kakak perempuannya, atau emang masnya sangar tapi berhati Hello Kitty. 

Saya juga sering ngamatin mahasiswa saya di kelas. Saya gak pernah hapal nama mereka, tapi ternyata saya sering ingat kebiasaan kecil yg mereka lakukan. Ada yg begitu duduk trus langsung nempel sama HP sepanjang kelas, ada yg hobinya bentar-bentar ngaca, ada juga yang sibuk benerin poni tiap 10 detik (dan ini cowok lhooo), ada yg sering menatap kosong keluar jendela sepanjang kelas, tapi kalo disuruh maju selalu bisa jawab, ada juga yg selalu duduk di depan tapi molor 5 menit kemudian. Hehehehehe... Hiburan pokoknya. Kayak saya hapal kebiasaan suami saya yg idungnya mulai kembang-kempis kalo dia mau ngomongin orang tapi ditahan. Atau ketika dia mulai ketawa yang kalo digodain bisa gak berhenti sampai dia teler karena pengen berhenti gak bisa. Atau kebiasaan bos saya yang mulai ngemil kalo udah bosan atau ngantuk, dan ekspresi mau isengnya di tengah-tengah rapat. Termasuk membedakan eskpresi bete, galau dan lapar anak-anak kantor. Atau kebiasaan anak kos yg pergi dan pulang di jam aneh sampe dicurigai punya profesi satpam atau juragan pecel lele. Abis keluarnya malam, pulangnya pagi, tapi dandanannya bukan dandanan dugem. Ada ajalah pokoknya. Gak ada abisnya deeeehh..

Intinya, hidup tidak pernah membosankan kalo kita mau meluangkan waktu untuk mengamati. Dan kalo merasa tidak punya topik untuk dibicarakan, atau bingung mau cerita apa, lihat aja kiri kanan. Dijamin nemu bahan cerita. Efek samping yang lain, sering jadi lebih peka "membaca" kondisi orang-orang di sekeliling kita. Lumayan buat hiburan sekaligus bahan refleksi. Hehehehehe...

Share:

1 komentar

  1. hampir sama mbak, seneng aja merhatiin berbagai macam, kadang ngikik sendiri...sudah saya foll ya..

    BalasHapus