#3 Who are we to judge?

Berhubung prioritas saya bergeser selama liburan, dari berniat ngoreksi sampai sama sekali gak berniat koreksi (bodoh tapi bangga), saya jadi punya waktu buat kepo di dunia maya. Pokoknya niat banget kepo di media sosial. Pelampiasan karena biasanya gak sempet. >,<

Yang bikin saya takjub adalah banyaknya komen negatif di media sosial. Entah ngomentarin status orang/artis, foto, video, dsb. Kalo gak ngomentarin status orang, ya bikin status sendiri tentang orang lain yg isinya negatif. Seru banget pula statusnya atau komennya. Maksudnya seru: berapi-api, bersambung bak sinetron, dan pamer kosakata ajaib yang lebih move on dari kosakata kebun binatang. Yang lebih bikin bengong, umur yg komen itu variatif. Mulai dari ABG, sampai yg seharusnya udah cukup pinter buat milih kata yg lebih pantas. Ada juga yang sibuk maki-maki teman, saingan, pacar, mantan, sampe orang tua sendiri dengan bahasa yang luar biasa menakjubkan kasarnya. Saya cuma bisa makin bengong..

Jangan salah. Saya bukan malaikat. Makian dan cacian juga bukan barang baru buat saya. Wong saya orangnya galak dan pemarah. Tapi buat saya, mending sekalian ngomong di depan mukanya, dan ajak berantem. Abis itu selesai perkaranya. Atau kalo emang gak tahan liat orangnya, ya gak usah dilihat. Kadang bilangnya sebel, tapi makin kepo supaya bisa nyacat. Hiyaaaa.. Selo banget hidupnya yak! Di dunia yg serba virtual ini, gak suka tinggal mencet unfollow/unfriend/block kok. Beda kalo orangnya secara fisik ada di depan hidung. Kan gak bisa di-delete juga. Ya tinggal pintar-pintarnya membatasi interaksi aja. Bisa juga kan? Toh kita gak harus saling suka untuk bisa kerjasama. Yang jelas, kalo kita sendiri masih suka bikin salah yang macem-macem, jangan deh banyak nyacat dan menghakimi orang lain. Ngurus diri sendiri aja belum tentu beres dan masuk surga. Udah sibuk ngurusin neraka surga orang lain. Emang kita siapa? Tuhan? Tuhan aja kayaknya gak serempong kita ngomenin orang lain. Kita kok mau ngalahin Tuhan. Ealaaaahh..
Buat saya sih, kalo emang gak ada hal yg baik buat diomongin, ya gak usah omong aja sekalian. Udah gak enak didenger, masih bikin hati jengkel pula. Kok ya gak ada enak-enaknya. Saya masih megang teguh kata dosen saya dulu: Kita harus mengatakan kebenaran, tapi gak semua kebenaran harus dikatakan. 
Well, some things are better left unsaid. Agree?

image source: http://pics1.this-pic.com





Share:

0 komentar